Let’s Play with Doll

Let’s Play with Doll

“Doll” atau boneka biasanya identik dengan anak perempuan. Tapi eitttss, tunggu dulu. Kali ini boneka yang akan dibahas adalah boneka jari. Pasti pembaca sudah tidak asing kan dengan boneka jari? Hehe…

IMG_6963.JPG
Boneka-boneka Jari

Dilihat dari namanya saja, bisa dikatakan kalau boneka jari itu adalah boneka yang dipasang di jari-jari kita. Kebetulan yang ku punya adalah boneka jari dari jenis binatang. Nampak lucu sekali bonekanya. Boneka-boneka tersebut bisa dibuat mainan di rumah atau bisa juga dibawa ke sekolah. Lho kok sekolah? Iya dong, di sekolah kan banyak anak kecil tuh (kalau mengajar di TK atau SD, hehe). Bahkan anak yang sudah SMP pun suka kok kalau ditunjukkan boneka mungil nan imut tersebut (Jangankan anak SMP, penulis saja suka lihat boneka jari tersebut, hehehe…).

Sony Z 16216.JPG
Bercengkerama dengan Boneka Jari

Terlihat beberapa binatang yang menghiasi jari-jari model di atas (model katanya, haha…). Jika diurutkan berdasarkan Gambar dari kiri ke kanan, ada binatang-binatang seperti panda, beruang, gajah, itik, katak, sapi, kelinci, kudanil, tikus, dan anjing. Semoga nama-nama binatang yang ku sebut benar, hehe….

Berikutnya, aktivitas di sekolah apa saja sih yang bisa menggunakan media boneka jari? Oke, akan ku sebutkan sekarang, check it out !

  1. Mendongeng

Anak-anak di sekolah suka banget sama yang namanya dongeng. Betapa tidak, di dalam dongeng itu ada cerita-cerita yang menghibur dan menarik. Mereka yang biasanya sibuk dengan tugas sekolah, mendengarkan dongeng itu ibarat berjumpa oase di tengah padang pasir. Agak berlebihan nggak ya? Hehe. Selain gurunya yang mendongeng, siswa pun bisa juga yang mendongeng (gantian lha ceritanya, haha)

Sony Z 16260.JPG
Siswa Calon Kelas VII Mendongeng di Depan Kelas

Pada Gambar tersebut siswa tampil mendongeng di depan kelas pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Sebelumnya penulis meminta anak-anak untuk membuat cerita dongeng menurut imajinasinya. Alhamdulillah, ada yang oke juga dalam membuat dongeng dan menampilkannya.

Sony Z 16251.JPG
Membuat Dongeng
  1. Describing Animals

Berikutnya, boneka jari bisa dimanfaatkan untuk mendeskripsikan binatang atau describing animals. Kalau menggunakan Bahasa Indonesia sudah biasa, jadi penulis meminta mereka untuk mendeskripsikan binatang menggunakan Bahasa Inggris. Tahu sendiri kan Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional. Di sini anak-anak dilatih berbahasa Inggris dimulai dari hal sederhana seperti mendeskripsikan binatang berdasarkan ciri-cirinya. Sayangnya tidak ada dokumentasi saat siswa maju in describing animals. Tapi, it’s okay.

 

  1. Kuis atau tebak-tebakan

Boneka jari pun bisa digunakan sebagai kuis atau tebak-tebakan dalam pelajaran Sains. Jadi boneka tersebut bisa melatih kemampuan berpikir anak-anak lho, hehe..

 

  1. Bernyanyi

Aktivitas satu ini memang tak pernah luput dari perhatian penulis. Yap, bernyanyi. Di sini anak-anak bisa menyanyikan sebuah lagu yang sesuai boneka jari yang ditampilkan. Misalkan guru menampilkan boneka katak, maka siswa harus menyanyikan lagu berkaitan dengan katak. Seru kan? Aktivitas ini membuat suasana kelas jadi menyenangkan, tidak bosan, dan pastinya mereka harus bisa berpikir lagu apa yang sesuai. Heheh…

 

  1. Bercakap-cakap

Untuk aktivitas ini, anak-anak bisa bercakap-cakap dengan temannya di mana mereka memposisikan diri sebagai boneka jari tersebut. Topik percakapan pun bebas, sesuai imajinasi mereka.

 

Oke, itu tadi penggunaan boneka jari di sekolah. Boneka jari memang berguna sekali lho, hehe… (bukan lagi promosi lho ya).

Semoga bermanfaat. Jayalah terus pendidikan anak-anak Indonesia…!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s